Thursday, 31 August 2017

Cara Aman Memilih Travel Umrooh

Logo BMP
BMP Umroh Solok -- Travel umroh merupakan Biro Penyelenggara ibadah umroh yang akan membantu perjalanan sahabat melaksanakan ibadah ke tanah suci. Travel umroh akan membantu mempersiapkan segala keperluan terkait perjalanan ibadah umroh sahabat seperti:

  • Pembuatan visa,
  • Menyiapkan perlengkapan ibadah disana,
  • Transportasi,
  • Penginapan,
  • Akomodasi,
  • Pelayanan hingga bimbingan dalam melaksanakan ibadah umrah.

Menjadi travel umrah tidaklah mudah karena harus ditangani oleh tenaga profesional dan harus memiliki ijin resmi dari kemenag. Kenapa demikian? Agar perjalanan ibadah sahabat aman, nyaman dan benar. Saat ini banyak bermunculan perusahaan travel umrah dan haji yang nakal dan tidak resmi. Mereka memberikan gimik janji dan harga yang sangat menarik. Nah untuk memilih travel umroh, sahabat harus berhati – hati dalam memilihnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Pilihlah Travel Umroh Yang Berizin Remi

Sebelum mendaftar ibadah umroh atau haji khusus pastikan terlebih dahulu travelnya sudah mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Apabila tidak memiliki ijin, berhati – hatilah terhadap travel tersebut, daripada beresiko lebih baik carilah travel umrah yang sudah berizin remi.

Cara melihat travel umroh yang sudah terdaftar di Kemenag, sahabat bisa mengakses situs kemenag : http://haji.kemenag.go.id/v3/basisdata/daftar-ppiu?text=Bumi+Minang+Pertiwi

  • Pelajari Riwayat Travelnya

Travel umroh yang memiliki riwayat perjalanan yang baik dan lancar merupakan travel umrah yang bagus. Untuk dapat mengetahui riwayat dari travel umroh tersebut sahabat dapat melihat testimoni dari jamaah yang sudah berangkat.

Selain itu sahabat juga dapat memperhatikan awal mula berdirinya travel umroh tersebut dan berapa jamaah yang sudah diberangkatkan. Semakin banyak memberangkatkan jamaah umroh maka semakin bagus juga kreadibilitas dari travel tersebut.

  • Pastikan Biaya Paketnya

Biaya umroh yang dikenakan harus wajar dan jangan tergiur dengan harga murah bahkan diluar dari harga normal. Sahabat sebaiknya tidak mudah tergiur dengan penawaran harga murah karena harga akan menentukan fasilitas yang didapat.

Seperti transportasi yang tidak memuaskan, hotel yang jauh, akomodasi yang kurang serta pelayanan yang kurang memuaskan.

MUI mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tidak terbujuk dengan travel yang menawarkan paket semurah mungkin. Hasanuddin meminta masyarakat lebih rasional jika melihat kondisi eksternal naiknya biaya akomodasi haji dan umrah seperti biaya penginapan, konsumsi, dan juga transportasi.

  • Jadwal Keberangkatan Yang Jelas

Pada dasarnya setiap travel umroh dan haji telah mendapatkan quota visa untuk setiap tanggal keberangkatan. Apabila sahabat menemukan travel umroh yang menjanjikan pemberangakatan dengan menunggu 1 atau 2 tahun, dengan alasan apapun itu tidak dibenarkan karena umroh bukan pemberangkatan haji yang harus menunggu antrian.

Untuk perjalanan Ibadah umroh setiap travel yang berijin resmi sudah menentukan tanggal keberangkatan dengan pasti. Jika sahabat menemukan travel umroh yang tidak jelas keberangkatannya lebih baik dihindari karena akan sangat beresiko batalnya keberangkatan.
Pastikan Fasilitas Yang Didapat

Cek fasilitas yang akan didapat oleh sahabat. Travel yang memiliki ijin resmi akan menginformasikan secara detail mengenai fasilitas yang akan didapat oleh jamaah. Biasanya fasilitas yang didapat dari harga paket umroh adalah:
  1. Tiket pesawat PP dengan menyebutkan nama pesawat yang akan digunakan
  2. Hotel lengkap dengan nama hotel dan bintangnya
  3. Transportasi selama di saudi
  4. Tour dan Makan 3 kali sehari
  5. Tax & Handling
  6. Bagasi 20 Kg
  7. Air zam zam 5 liter
  8. Muthawif dan ustand pembimbing
  9. Visa umroh
  10. Manasik


  • Cara Pembayarannya

Travel umroh resmi umumnya selalu menggunakan jasa perbankan untuk segala transaksi pembayaran. Pastikan travel umroh yang sahabat pilih memiliki rekening bank atas nama perusahaan dan bukan atas nama pribadi. Jika di BMP Travel  rekening yang digunakan adalah atas nama PT. Bumi Minang Pertiwi ( BMP ). Jadi, sahabat harus berhati-hati jika menemui travel umroh yang meminta untuk melakukan pembayaran ke rekening pribadinya.

Selain itu pembayaran dengan cara tunai dengan datang langsung ke kantor travel umroh juga disarankan. Dengan melakukan pembayaran secara tunai sahabat juga bisa sekaligus menyerahkan dokumen yang dibutuhkan.

  • Tidak Tergiur Dengan Travel Umroh MLM

Saat ini bermunculan travel umroh yang menggunakan sistem MLM. Biasanya sahabat akan diminta membayar sejumlah uang untuk bergabung di travel umroh tersebut. Setelah bergabung, sahabat diwajibkan merekrut orang baru untuk menjadi downline, apabila telah terkumpul downline yang sudah ditentukan maka sahabat bisa berangkat umroh.

Cara sperti ini pada dasarnya hanya mengacu kepada keuntungan semata dan travel ini tidak fokus kepada pelayanan. Disisi lain, banyak ulama yang mengharamkan sistem MLM karena dianggap menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain.

  • Cek Organisasi Travel Umroh

Setiap Biro Perjalanan Ibadah Umroh yang resmi pasti telah tergabung dengan organisasi travel umroh terpercaya, salah satunya yang terkenal adalah HIMPUH / KESTHURI. Apabila telah tergabung dengan organisasi tersebut maka keamanan dan kenyamanan dalam beribadah akan lebih terjamin.

Demikian tips memilih travel umroh terbaik dan terpercaya untuk perjalanan ibadah sahabat ke tanah suci. Semoga dengan membaca artikel ini sahabat bisa lebih hati – hati dalam memilih travel umroh yang resmi.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Google+ Badge

Kantor Pendaftaran Jamaah

BMP Travel Head Office ; Jl. S. Parman No. 179 Ulak Karang Padang, Sumatera Barat

BMP Travel Branch Kota Solok ; Jl By Pass KTK, Samping RSIA Permata Bunda KTK, Kelurahan Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota solok. Sumatera Barat

Kepala Rombongan Depok, Jl. Pekapuran Raya Gg. Damon No.19 RT.04 RW.04 Kel. Curug Cimanggis - Depok, Jawa Barat

Hubungi Kami : 081213958215

Facebook